Rasakan Kuliner Manis Di Pontianak, Lek Tau Suan

Lek Tau Suan Makanan Tionghoa Khas Pontianak

lek tau suan

Lek Tau Suan – Pontianak selalu menyediakan berbagai macam makanan khas Tionghoa. Salah satu yang menggiurkan adalah Lek Tau Suan. Lek Tau Suan (bahasa Tionghoa dialek Tio Ciu; yang jika diartikan kira-kira adalah Butiran Mutiara Kacang Hijau).

Mungkin mengacu pada tampilannya yang berbiji-biji dan nampak berkilauan seperti mutiara ketika tertimpa sinar terang. Anda dapat dengan mudah menemukan Lek Tau Suan di sepanjang Jalan Gajahmada, Pontianak.

Lek Tau Suan terbuat dari kacang hijau yang kulitnya sudah dikupas, dan dimasak dengan kuah kental bening. Kuah kental bening tersebut terbuat dari tepung tapioka. Lalu, dicampurkan dengan gula dan pandan agar aromanya sempurna.

Lek Tau Suan biasanya akan dihidangkan bersama dengan Ca Kwee yang garing. Jika anda menyantapnya, anda akan mencium aroma yang khas, yaitu harum pandan dan juga aroma kacang hijau.

Biasanya santapan ini akan disajikan ketika masih hangat, dan cocok dinimati di malam hari atau ketika cuaca hujan. Ketika masuk mulut rasanya manis, lembut, dan ada sensasi kriuk-kriuk ketika menggigit Ca Kweenya yang garing.

Bahan dan juga cara membuatnya begitu simpel dan gampang. Bahan-bahan yang harus anda siapkan adalah kacang hijau kupas yang sudah direndam di dalam air selama kurang lebih 30 menit, air, daun pandan untuk aroma, gula pasir, gula merah, garam, tepung sagu yang sudah dilarutkan, dan juga potongan cakwe yang sudah digoreng.

Pertama-tama, tiriskan kacang hijau kupas yang sudah anda rendam selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, kukus kacang hijau itu dalam dandang yang sudah berisi air mendidih selama kurang lebih 20 menit.

Sementara menunggu kacang hijau siap, anda bisa menyiapkan hal-hal yang lain. Rebus air sampai mendidih, campur dengan daun pandan, gula pasir, gula merah, dan garam sampai benar-benar mendidih. Jika sudah mendidih dan bercampur dengan rata, masukkan kacang hijau yang sudah dikukus tadi.

Rebus semuanya dalam waktu kurang lebih 5 menit. Jika semua langkah sudah selesai dan juga adonan kacang hijau sudah bercampur, masukkan larutan tepung sagu yang sudah anda buat. Masak dan aduk terus sampai dengan kuah terbentuk menjadi kental sempurna.

Tau Suan sudah siap disajikan dengan irisan cakwee diatasnya. Kuliner ini ternyata tidak hanya bisa anda temukan di Pontianak, di Jakarta pun juga ada karena di hampir semua kota di Indonesia, Lek Tau Suan bisa ditemui. Dan kuliner satu ini sudah banyak bisa di temuin di indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.