Pecel Rawon Kuliner Unik Dan Lezat Khas Banyuwangi

Ciri Khas Kuliner Banyuwangi Pecel Rawon

pecel rawom

Pecel Rawon – Menu pecel bagi sebagian besar masyarakat jawa memang sudah tidak asing lagi, apalagi untuk masyarakat jawa timuran. Mulai dari kuli pasar sampai para pegawai karyawan, rasanya tidak ada yang merasa asing dengan menu pecel.

Namun bagaimana dengan menu nasi pecel rawon? bahkan untuk sekedar membayangkan rasanya saja sudah cukup sulit. Namum tidak demikian dengan masyarakat banyuwangi, menu yang satu ini sudah cukup akrab dan menjadi makanan yang cukup favorite.

Bahkana ada warga yang dari luar kota yang sengaja pergi ke kota banyuwangi untuk menikmati lezatnya nasi pecel rawon. Pecel rawon atau rawon pecel menjadi makanan khas banyuwangi, kabupanten di ujung paling timur pulau jawa itu.

Makanan ini mudah di dapati mulai dari restoran hingga warung-warung kaki lima dengan harga Rp.5.000 per porso hingga Rp.10.000. Salah satu penjual nasi pecel rawon yang cukup terkenal dengan banyuwangi yaitu RM. pecel ayu lokasinya berada di jl.Adi sucipto,no 65, banyuwangi.

Kalau kita dari penyebrangan ketapang, arahkan laju kendaraan ke pusat kota banyuwangi, lokasinya berada di seberang jalan di sebelah KSP milan, banyuwangi. Untuk mencarinya cukup mudah, karena rumah makan yang satu ini selalu di penuhi kendaraan roda 4 yang berjejer di tepi jalan adi sucipto.

pecel rawon ini di sajikan lengkap dengan menu lauk-pauknya, Jika anda pesan seporsi pecel rawon, akan datang sepiring nasi pecel yang berisi sayuran rebus, seperti bayam, taoge, kacang panjang dan sambal pecel.

DI tambah kuah rawon, pelengkapnya , udang goreng, empal sapi, ragi, paru goreng kering dan remukan rempeyek kacang. Paduan sambal pecel dan kuah rawonlah yang menjadi keistimewaan pecel rawon ayu.

pecel ayu

Bumbu sambal pecel di racik sendiri, cabai yang di gunakan pun hanya cabai rawit merah. Hasilnya, walaupun di campur dengan kuah rawon, rasa gurih kacang dan pedasnya cabai tidak akan kehilangan rasa.

Di pecel ayu, pecel rawon di hidangkan tanpa daging rawon, kecuali ada permintaan. Adapun paru di iris tipis dan di goreng kering sebagai lauk pelengkap pecel rawon.

Dalam setiap penyajiannya, santi tidak sembarangan meracik pecek rawonnya. Ia selalu meracik dengan urutan tertentu. Piring ia isi dengan nasi dan sayuran rebus terlebih dahulu.

Setelah itu, nasi sayur ia guyur dengan kuah rawon. Baru kemudian dia menambahkan sambal pecel sebagai toping. Menurut dia, dengan penyajian berurutan seperti itu, gurih dan pedasnya sambal pecel tetap terasa.

Rumah makan ini hanya pada lebaran akan tutup selama sepekan. Rumah makan ini pun tidak pernah sepi. Jumlah pembeli di perkirakan mencapai 400 sampai 600 orang perhari. Harga yang murah menjadi daya tarik dari rumah makan ini.

Untuk satu porsi pecel rawon komplet dengan berbagai lauk, anda hanya merogoh kocek Rp9 ribu perporsi. Porsinya pun pas, tidak terlalu banyak, tapi juga tidak sedikit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *