Kue Basah Khas dari Kalimantan “Amparan Tatak” Yang Harus Di Coba

Ciri Khas Kue Basah Amparan Tatak Dari Kalimantan

amparan tatak

Amparan Tatak – Kue basah yang berbahan utama tepung beras tak hanya ada di jawa aja lo. Kalimantan juga mempunyai amparan yang manis dan lewat yang berbahan dasar dari tepung beras.

Kalimanan timur punya kue basah favorit yang bernama amparan tatak pisang. jenisnya sama dengan nagasari atau kue pisang, hanya saja amparan tatak pisang ini tidak di bungkus daun pisang.

Tampilan kue amparan tatak pisang ini mirip kue lapis karena di cetak dalam wadah atau loyang segi empat atau bundur. Bahan pembuatan kue yang berarti “hamparang pisang” ini adalah tepung beras, gula pasir, santan dan pisang.

Kue amparan tatak ini juga sudah ada variasi baru yang dengan jaman yang semakin modern ini, sekarang juga sudah ada amparan tatak yang isi nya nangka yang biasanya hanya berisi pisang kan.

Untuk isi amparan tatak pisang ini biasanya bisa berupa pisang kepok, pisang raja atau pisang tanduk yang masak di pohon. Pisang lalu di potong kecil-kecil seelum di olah, kalau pakai nangka juga sama, nangka nya di potong kecil-kecil.

Untuk membuat nya tepung, santan dan gula di buat menjadi adonan kental lalu di cetak dalam loyang, lalu irisan pisang atau nangka masak di tata di atas nya hingga rata. Kemudian di tutup lagi dengan adonan tepung dan santan lalu di kukus.

Rasa nya yang gurih manis membuat amparan tatak pisang atau nangka ini populer di kalangan masyarakat kalimantan terutama kalimantan selatan. Kue ini juga biasanya di sajikan pada hari-hari tertentu saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.