Enaknya Palai Rinuak, Kudapan Khas Danau Maninjau

Kuliner Sumatera Barat Palai Rinuak Yang Wajib Di Coba

palaipalai

Palai Rinuak – Bagi para wisatawan yang berkunjung ke danau Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, tentunya tidak asing lagi dengan oleh-oleh palai rinuak ini donk pastinya.

Cemilan khas danau maninjau itu hingga kini terus menjadi kudapan yang lezat untuk di santap para wisatawan yang berkunjung ke danau maninjau,kabupaten agam ini.

Ternyata selain untuk di jadikan kudapan, masyarakat di sekitaran danau maninjau juga menjadikan palai rinuak sebagai lauk untuk hidangan makan, karena kelezatannya palai rinuak dapat membangkitkan selera makan yang hilang lo.

Palai rinuak atau yang biasa di sebut dengan pepes rinuak,terbuat dari bahan dasar rinuak yang merupakan ikan endemik di danau maninjau dengan nama ilmiah psilopsis sp yang di klasifikasikan ke dalam kelas pisces (ikan). Bentuk ikan rinuak sekilas mirip dengan teri medan lo.

Ukurannya sangat mini berkisar 2-3 cm dan memiliki warna badan pucat kekuning-kuningan dan relatif transparan. Tekstur dagingnya lunak dan tidak berserat. Jika dikukus akan menjadikan ikan rinuak berwarna putih, sementara jika diblender akan berubah warna menjadi kehitaman. Unik banget kan kuliner satu ini.

Kembali ke palai rinuak, salah seorang penjual palai rinuak benama santi (42) menyebut cara pembuatan palai rinuak, sama dengan pembuatan pepes di jawa pada umumnya. Pertama, ikan rinuak segar di cuci bersih lalu di tiris, dan di beri bumbu halus bawang merah, bawang putih, cabat, garam dan lada secukupna. Aduk rata lalu di diamkan selama 30 menit ke depan.

“Setelah itu, tambahan parutan kelapa dan daun bawang. Kemudian bungkus dengan daun pisang dan di tata berjejer di atas seng, lalu di letakkan di atas tungku untuk di bakar dengan nyala api kayu bakar” kata santi saat di temui di kawasan wisata danay maninjau belum lama ini.

Santi juga menyebut bahwa rinuak tidak hanya di olah menjadi pepes lo, tapi juga banyak di olah menjadi goreng rinuak yang bentukany menyerupai bakwan goreng juga. Cara pembuatan nya pun sama persis seperti membuat bakwan dan tidak ada bedanya lo.

“Ikan rinuak segar di cuci bersih dan di tiris diberi bumbu bawang putih, lada, garam dan sedikit tepung beras. Kemudian di goreng sesendok demi sendok dalam minyak panas, untuk rasanya lebih lezat dan gurih di banding kan pada bakwan pada umumnya” Ujarnya.

Ternyata selain di jadikan bahan makanan konsumsi manusia, ikan rinuak ini juga sudah mulai marak di jadikan sebagai pakan ikan peliharaan lo. Wowww.. jadi penasaran kan dengan kuliner satu ini, bisa di coba kuliner satu ini jika ada jalan-jalan ke sumatera barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.